Inilah macam jenis resleting

by - January 14, 2019


Resleting adalah pelengkap pada busana yang cukup penting. Biasanya kancing dan resleting ditambahkan sebelum peroses finishing/ penyelesain sebagai pelengkap busana baik atasan bawahan maupun busana terusan.

Sekarang ini banyak sekali jenis resleting dan kanncing. Ya kali ini kita bahas sebagian jenis  reseleting, yuk kita simak bersama.

A. Jenis resleting

Menurut kegunaan dan bahan:
Resleting bisa dibedakan menurut bentuk dan bahan pembuatanya.
Berikut jenis resleting/ zipper:

1. Coil Zipper / Resleting Gulungan

Dinamakan coil zipper karena bentuk dari teeth (gigi) zipper.
berbentuk gulungan panjang yang terbuat dari bahan polyester atau nylon. Ukuran zipper yang umum dipakai adalah #3, #5, #8 baik untuk yang jenis Close End maupun Open End. Jenis ini kurang cocok digunakan untuk atasan ( kemeja,blus, kaos). Biasanya resleting  jenis ini lebih cocok di aplikasikan di tas dan jaket.

2. Metal Zipper / Resleting Besi

Sesuai dengan namanya, teeth (gigi) zipper terbuat dari bahan metal. Bahan metal yang biasa digunakan adalah Brass (kuningan), Aluminium dan Nikel. Ukuran zipper yang umum dipakai adalah #3, #5, #8 baik untuk yang jenis Close End maupun Open End. Jenis ini sangat coccok untuk jelana jens dan busana berbahan denim.

3. Invisible Zipper                                         

Kebanyakan orang menyebut zipper jenis ini sebagai Zipper Jepang. Tidak tahu pasti mengapa disebut seperti itu. Invisible zipper sangat mirip dengan Coil Zipper tetapi teeth (gigi) tersembunyi dibalik tape zipper. Pada umumnya zipper jenis ini banyak digunakan untuk Rok dan Gaun. Ukuran zipper jenis ini hanya satu, yaitu #3 dan hanya tersedia untuk Close End saja.

4. Delrin Zipper (Vislon Zipper)

Umumnya zipper jenis ini disebut Vislon zipper. Bentuk teeth (gigi) zipper mirip seperti Metal Zippertetapi bahannya terbuat dari Resin Polyacetal atau bisa juga menggunakan Resin jenis lain, yaitu Polyethylene. Ukuran zipper yang umum dipakai adalah #3, #5, #8 baik untuk yang jenis Close Endmaupun Open End.

5. Waterproof Zipper

Zipper jenis ini, digunakan untuk  didalam air bertekanan. Biasa digunakan oleh penyelam, atau keperluan lain yang berada dibawah tekanan air.juga sangat cocok digunakan untuk jas hujan.

6. Fireproof Zipper

Zipper ini digunakan untuk pakaian yang memerlukan ketahanan pada panas/api pada suhu tertentu. Digunakan pada baju-baju pemadam kebakaran, atau produk-produk yang memerlukan tingkat ketahanan tertentu terhadap panas atau api.

You May Also Like

0 comments